Kurikulum
Kurikulum SMP Cahaya Harapan Bekasi merupakan perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar yang dikembangkan oleh Tim Pengembangan Kurikulum SMP Cahaya Harapan Bekasi dibawah koordinasi dari koordinasi dan pengawasan dinas pendidikan yang berpedoman pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP.
Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Cahaya Harapan dimaksudkan agar peserta didik :
- Dapat meningkatkan iman, taqwa, dan akhlak mulia
- Memiliki rasa toleransi dan kerukunan umat beragama
- Meningkatkan dan menanamkan sikap persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan.
- Mendapatkan peningkatan potensi, kecerdasan, bakat dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan peserta didik
- Mendapat kesetaraan warga Negara terhadap pendidikan bermutu
- Dapat menenuhi kebutuhan kompetensi masa depan dan tuntutan dunia kerja
- Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni
- Memanfaatkan keragaman potensi dan karakteristik daerah serta lingkungan
- Memenuhi tuntutan pembangunan daerah dan nasional serta dinamika perkembangan global.
Struktur kurikulum SMP Cahaya Harapan meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulaiKelas VII sampai dengan Kelas IX seperti pada tabel berikut ini:
TABEL STRUKTUR MATA PELAJARAN KELAS VII – IX
SMP CAHAYA HARAPAN BEKASI
TAHUN PELAJARAN 2017 – 2018
KOMPONEN |
Alokasi Waktu (JP) |
|||
VII |
VIII |
IX |
||
Kelompok A |
||||
1 |
Pendidikan Agama |
3 |
2 |
2 |
2 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
3 |
2 |
2 |
3 |
Bahasa dan Sastra Indonesia |
6 |
6 |
6 |
4 |
Bahasa dan Sastra Inggris |
4 |
6 |
6 |
5 |
Matematika |
5 |
6 |
6 |
6 |
IPA Terpadu |
6 |
6 |
6 |
7 |
IPS Terpadu |
4 |
4 |
4 |
Kelompok B |
||||
8 |
Seni Budaya |
3 |
2 |
2 |
9 |
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan |
3 |
2 |
2 |
10 |
Teknologi Informasi Komunikasi |
2 |
2 |
2 |
11 |
Keterampilan |
1 |
1 |
1 |
Kelompok C |
||||
12 |
Bahasa Sunda |
1 |
1 |
1 |
13 |
Akuntansi |
1 |
1 |
1 |
14 |
Bahasa Mandarin |
1 |
1 |
1 |
Pengembangan Diri (BK) |
1 |
1 |
1 |
|
JUMLAH |
44 |
44 |
44 |
Pengembangan Diri
Pengembangan diri di SMP Cahaya Harapan Bekasi bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekpresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik yang disesuaikan dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri dibimbing oleh pelatih, guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri juga dilakukan dengan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi, kehidupan sosial, cara belajar dan pengembangan karir peserta didik.
TABEL ALOKASI WAKTU PENGEMBANGAN DIRI
SMP CAHAYA HARAPAN BEKASI
TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018
Alokasi Waktu (menit) |
||||
No |
Kegiatan |
Nama Kelas |
Singkatan |
Jumlah |
1 |
Bimbingan Belajar | - | - | 60 x 4 |
2 |
Pramuka | 60 | 60 | - |
3 |
Basket | 60 | 60 | - |
4 |
Futsal | 60 | 60 | - |
5 |
Futsal | 60 | 60 | - |
6 |
Elektronika | 60 | 60 | - |
7 |
Tae kwon do | 60 | 60 | - |
8 |
Tae kwon do | 60 | 60 | - |
9 |
Tae kwon do | 60 | 60 | - |
10 |
Ansamble music | 60 | 60 | - |
11 |
Paduan Suara | 60 | 60 | - |
Keadaan Peserta Didik
Secara terperinci keadaan siswa pada SMP Cahaya Harapan Tahun Pelajaran 2017/2018 dibagi dalam 11 (sebelas) kelas sebagai berikut :
PEMBAGIAN KELAS DAN NAMA KELAS
SMP CAHAYA HARAPAN
T.P 2017/2018
No |
Kelas |
Nama Kelas |
Singkatan |
Jumlah |
1 |
VII |
Albert Einstein |
AET |
32 |
2 |
VII |
Aristoteles |
ATL |
32 |
3 |
VII |
Mahatma Gandhi |
MGD |
32 |
4 |
VIII |
Charles Darwin |
CRD |
26 |
5 |
VIII |
Isaac Newton |
INT |
25 |
6 |
VIII |
Montesquieu |
MTQ |
25 |
7 |
VIII |
Thomas Robert Malthus |
TRM |
26 |
8 |
IX |
Blaise Pascal |
BPC |
29 |
9 |
IX |
Joseph John Thomson |
JJT |
30 |
10 |
IX |
Marrie Currie |
MCR |
30 |
11 |
IX |
Pierre De Fermat |
|
30 |
TOTAL |
317 |
CAKUPAN PENILAIAN
NO. |
CAKUPAN |
PERANCANGAN |
1. |
Penilaian Kelas |
Pendidik saat KBM |
2. |
Penilaian Proses |
|
3. |
Penilaian Harian |
|
4. |
Penilaian Tengah Semester |
Pendidik di bawah koordinasi satuan pendidikan |
5. |
Penilaian Akhir Semester |
|
6. |
Ujian Sekolah |
|
7. |
U S B N |
BSNP |
6. |
Ujian Nasional |
PERHITUNGAN NILAI RAPOR
NR = 70% NH + 15%PTS + 15% PAS
NH = (2 x PH + NK + NPr)/4
KRITERIA KENAIKAN KELAS
- Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
- Rata-rata perolehan semester 1 dan 2, minimal mencapai rata-rata KKM semester 1 dan 2 atau lebih besar
- Memiliki nilai dibawah KKM per mata pelajaran tidak lebih dari 3 mata pelajaran (nilai kurang dari 50 dianggap tidak lulus 2 mata pelajaran)
- Nilai ekstrakurikuler kepramukaan minimal BAIK
- Kehadiran min. 95%
- Nilai sikap min. “BAIK”
- Catatan tingkah laku dari guru PKN, Agama dan BK yang menyatakan baik
KRITERIA KELULUSAN
- Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
- Memiliki sikap “BAIK” selama mengikuti proses pembelajaran dari hasil penilaian guru, tata usaha dan karyawan sekolah SMP Cahaya Harapan (minimal 70% guru berpendapat baik terhadap peserta didik dimaksud)
- Menyelesaikan Ujian Nasional (UN) dan USBN
- Lulus Ujian Sekolah (US) yaitu memiliki rata-rata ujian sekolah minimal 6,50
- Kehadiran di sekolah minimal 95% untuk masing-masing semester
- Catatan tingkah laku dari guru PKN, Agama dan BK yang menyatakan baik
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ditentukan oleh satuan pendidikan, merupakan nilai batas ambang kompetensi tiap mata pelajaran.
No. |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||||||
VII |
VIII |
IX |
||||||||||
AET |
ATL |
MGD |
CRD |
INT |
MTQ |
TRM |
BPC |
JJT |
MCR |
|
||
1 |
Pendidikan Agama |
75 |
75 |
75 |
76 |
76 |
76 |
76 |
76 |
76 |
76 |
76 |
2 |
PKn |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
3 |
Bahasa Indonesia |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
4 |
Bahasa Inggris |
70 |
70 |
70 |
72 |
72 |
72 |
72 |
73 |
73 |
73 |
73 |
5 |
Matematika |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
72 |
72 |
72 |
72 |
6 |
IPA Terpadu |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
71 |
71 |
71 |
71 |
7 |
IPS Terpadu |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
72 |
72 |
72 |
71 |
8 |
Seni Budaya |
73 |
73 |
73 |
74 |
74 |
74 |
74 |
75 |
75 |
75 |
75 |
9 |
Penjas-orkes |
76 |
76 |
76 |
75 |
75 |
75 |
75 |
76 |
76 |
76 |
76 |
10 |
TIK |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
76 |
76 |
76 |
76 |
11 |
Keterampilan |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
12 |
Bahasa Sunda |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
13 |
Akuntansi |
70 |
70 |
70 |
72 |
72 |
72 |
72 |
71 |
71 |
71 |
71 |
14 |
Bahasa Mandarin |
66 |
66 |
66 |
68 |
68 |
68 |
68 |
68 |
68 |
68 |
68 |
Rata-rata |
71.79 |
71.79 |
71.79 |
72.64 |
72.36 |
72.50 |
72.43 |
73.29 |
73.21 |
73.29 |
73.36 |