Visi dan Misi

A.   Visi SMP Cahaya Harapan Bekasi

Visi adalah cita-cita bersama pada masa mendatang dari warga satuan pendidikan yang dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan. Visi merupakan gambaran imajinatif tentang peran, tujuan dasar, karakteristik dan filosofi sekolah dimasa mendatang yang akan mempertajam tugas-tugas stategi sekolah.

Adapun visi SMP Cahaya Harapan Bekasi dirumuskan dalam pernyataan sebagai berikut “ Peserta didik cerdas, terampil, kreatif dan berkarakter berdasarka nilai-nilai kristiani”.

Indikator pencapaian Visi SMP Cahaya Harapan Bekasi adalah sebagi berikut :

  1. Terwujudnya perolehan nilai akademis siswa meningkat dari tahun ke tahun.
  2. Terwujudnya pelaksanaan program remedial dan pengayaan yang berjalan optimal.
  3. Bimbingan konseling dalam upaya pembinaan karakter (character building) serta penanaman nilai-nilai (living value) untuk dapat terlaksana dengan baik dan terlihat jelas pada perubahan sikap peserta  didik dalam kehidupan social di sekolah, masyarakat dan negara.
  4. Kegiatan ekstrakulikuler terlaksana secara optimal sebagai bekal keterampilan hidup.
  5. Guru/Karyawan bekerja secara optimal.
  6. Disiplin warga sekolah sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan.
  7. Terciptanya kerjasama dan kebersamaan antar warga sekolah.
  8. Terciptanya lingkungan sekolah yang bersih, indah dan yang  tertib.
  9. Terbentuknya sikap warga sekolah yang peduli terhadap linkungan sekolah.
  10. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian berdasarkan nilai-nilai kristiani (iman, harapan, kasih dan akhlak mulia).

 

B.   Misi SMP Cahaya Harapan Bekasi

Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau harus dilaksanakan sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan dalam kurun waktu tertentu untuk menjadi rujukan bagi penyusunan program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang dengan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan pendidikan.

Oleh karena itu, untuk mencapai visi yang telah tertuang di atas, SMP Cahaya Harapan Bekasi memiliki misi sebagai berikut :

  1. Mengembangkan metodologi pembelajaran kreatif, novatif dan imajinatif.
  2. Menerapkan nilai-nilai kristiani (iman, harapan, kasih dan akhlak mulia)
  3. Membentuk peserta didik agar memiliki karakter baik, penuh disiplin, mandiri dan bertanggungjawab.
  4. Membentuk peserta didik yang cerdas berprestasi dalam bidang akademis dan non akademis.
  5. Menumbuhkan apresiasi peserta didik terhadap sikap kebangsaan dan bernegara serta cinta tanah air.
  6. Menumbuhkan apresiasi peserta didik tehadap keterampilan kerja  sebagai dasar pembentukan etos keja ditingkat dini.
  7. Membekali dasar keterampilan untuk menjadi anggota masyarakat yang produktif.
  8. Menyiapkan peserta didik dengan kemampuan dasar (pengetahuan sikap) untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  9. Meningkankan  kinerja sekolah dalam upaya meraih prestasi kerja dan prestasi belajar.