Kurikulum

Kurikulum SMP Cahaya Harapan Bekasi merupakan perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar yang dikembangkan oleh Tim Pengembangan Kurikulum SMP Cahaya Harapan Bekasi dibawah koordinasi dari koordinasi dan pengawasan dinas pendidikan yang berpedoman pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP.

Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Cahaya Harapan dimaksudkan agar peserta didik :

  1. Dapat meningkatkan iman, taqwa, dan akhlak mulia
  2. Memiliki rasa toleransi dan kerukunan umat beragama
  3. Meningkatkan dan menanamkan sikap persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan.
  4. Mendapatkan peningkatan potensi, kecerdasan, bakat dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan peserta didik
  5. Mendapat kesetaraan warga Negara terhadap pendidikan bermutu
  6. Dapat menenuhi kebutuhan kompetensi masa depan dan tuntutan dunia kerja
  7. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni
  8. Memanfaatkan keragaman potensi dan karakteristik daerah serta lingkungan
  9. Memenuhi tuntutan pembangunan daerah dan nasional serta dinamika perkembangan global.

Struktur kurikulum SMP Cahaya Harapan meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh  dalam  satu  jenjang pendidikan  selama tiga tahun  mulaiKelas VII sampai dengan Kelas IX seperti pada tabel berikut ini:

 

TABEL STRUKTUR  MATA PELAJARAN KELAS VII – IX

SMP CAHAYA HARAPAN BEKASI

TAHUN PELAJARAN 2017 – 2018

 

KOMPONEN

Alokasi Waktu (JP)

VII

VIII

IX

Kelompok A

1

Pendidikan Agama

3

2

2

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

3

2

2

3

Bahasa dan Sastra Indonesia

6

6

6

4

Bahasa dan Sastra Inggris

4

6

6

5

Matematika

5

6

6

6

IPA Terpadu

6

6

6

7

IPS Terpadu

4

4

4

Kelompok B

8

Seni Budaya

3

2

2

9

Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan

3

2

2

10

Teknologi Informasi Komunikasi

2

2

2

11

Keterampilan

1

1

1

Kelompok C

12

Bahasa Sunda

1

1

1

13

Akuntansi

1

1

1

14

Bahasa Mandarin

1

1

1

Pengembangan Diri (BK)

1

1

1

JUMLAH

44

44

44

 Pengembangan Diri 

Pengembangan diri di SMP Cahaya Harapan Bekasi bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekpresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik yang disesuaikan dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri dibimbing oleh pelatih, guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri juga dilakukan dengan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi, kehidupan sosial, cara belajar dan pengembangan karir peserta didik.

 

TABEL ALOKASI WAKTU PENGEMBANGAN DIRI

SMP CAHAYA HARAPAN BEKASI

TAHUN PELAJARAN 2018 - 2019

 

   

Alokasi Waktu (menit)

No

Kegiatan

Nama Kelas

Singkatan

Jumlah

1

 Bimbingan Belajar  -  -  60 x 4

2

 Pramuka 60 60  -

3

 Basket 60  60 

4

 Futsal 60  60 

5

 Futsal 60  60 

6

 Elektronika 60  60 

7

 Tae kwon do 60  60 

8

 Tae kwon do 60  60 

9

 Tae kwon do 60  60 

10

 Ansamble music 60  60 

11

 Paduan Suara 60  60 

 

Keadaan Peserta Didik 

Secara terperinci keadaan siswa pada  SMP Cahaya Harapan Tahun Pelajaran 2017/2018 dibagi dalam 11 (sebelas) kelas sebagai berikut :

 

PEMBAGIAN KELAS DAN NAMA KELAS

SMP CAHAYA HARAPAN

T.P 2018/2019

 

No

Kelas

Nama Kelas

Singkatan

Jumlah

1

VII

Albert Einstein

AET

32

2

VII

Aristoteles

ATL

32

3

VII

Mahatma Gandhi

MGD

32

4

VIII

Charles Darwin

CRD

26

5

VIII

Isaac Newton

INT

25

6

VIII

Montesquieu

MTQ

25

7

VIII

Thomas Robert Malthus

TRM

26

8

IX

Blaise  Pascal

BPC

29

9

IX

Joseph John Thomson

JJT

30

10

IX

Marrie Currie

MCR

30

11

IX

Pierre De Fermat

PDF

30

TOTAL

317

 

CAKUPAN PENILAIAN

NO.

CAKUPAN

PERANCANGAN

1.

 Penilaian Kelas

 Pendidik saat KBM

2.

 Penilaian Proses

3.

 Penilaian Harian

4.

 Penilaian Tengah Semester

 Pendidik di bawah koordinasi satuan pendidikan

5.

 Penilaian Akhir Semester

6.

 Ujian Sekolah

7.

 U S B N

 BSNP

6.

 Ujian Nasional

 

PERHITUNGAN NILAI RAPOR

 

NR = 70% NH + 15%PTS + 15% PAS

NH = (2 x PH + NK + NPr)/4

  

KRITERIA KENAIKAN KELAS

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
  2. Rata-rata perolehan semester 1 dan 2, minimal mencapai rata-rata KKM semester 1 dan 2 atau lebih besar.
  3. Memiliki nilai dibawah KKM per mata pelajaran tidak lebih dari 3 mata pelajaran
  4. Untuk mapel yang memiliki nilai kurang dari 50 dianggap tidak lulus 2 mata pelajaran
  5. Nilai ekstrakurikuler kepramukaan minimal BAIK
  6. Kehadiran min. 95%
  7. Nilai sikap min. “BAIK”
  8. Catatan tingkah laku dari guru PKN, Agama, Bahasa Indonesia dan BK yang menyatakan baik.

KRITERIA KELULUSAN

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  2. Memiliki sikap “BAIK” selama mengikuti proses pembelajaran dari hasil penilaian guru, tata usaha dan karyawan sekolah SMP Cahaya Harapan (minimal 70% guru berpendapat baik terhadap peserta didik dimaksud)
  3. Menyelesaikan Ujian Nasional (UN) dengan rata-rata tidak kurang dari 4,00
  4. Lulus Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) yaitu memiliki nilai rata-rata TIDAK KURANG dari rata-rata KKM SEKOLAH (Semester 1 dan 2) ® T.P 17/18 = 73,0
  5. Tidak memiliki lebih dari 3 mapel USBN di bawah rata-rata KKM
  6. Kehadiran di sekolah minimal 95% untuk masing-masing semester.
  7. Catatan tingkah laku (NILAI SIKAP) dari guru PKN, Agama dan Bahasa Indonesia yang menyatakan “BAIK”.

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ditentukan oleh satuan pendidikan, merupakan nilai batas ambang kompetensi tiap mata pelajaran

          KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
          SEKOLAH CAHAYA HARAPAN
          SEMESTER GANJIL T.A 2018/2019
No. MATA PELAJARAN KELAS
VII VIII IX
AET ATL MGD CRD INT MTQ TRM BPC JJT MCR PDF
1 Pendidikan Agama 75 75 75 76 76 76 76 76 76 76 76
2 PKn 75 75 75 75 75 75 75 75 75 75 75
3 Bahasa Indonesia 75 75 75 75 75 75 75 75 75 75 75
4 Bahasa Inggris 70 70 70 72 72 72 72 73 73 73 73
5 Matematika 70 70 70 70 70 70 70 72 72 72 72
6 IPA Terpadu 70 70 70 70 70 70 70 71 71 71 71
7 IPS Terpadu 70 70 70 70 70 70 70 72 72 72 71
8 Seni Budaya 73 73 73 74 74 74 74 75 75 75 75
9 Penjas-orkes 76 76 76 75 75 75 75 76 76 76 76
10 Prakarya 75 75 75                
11 TIK       75 75 75 75 76 76 76 76
12 Keterampilan       75 75 75 75 75 75 75 75
13 Bahasa Sunda 70 70 70 70 70 70 70 70 70 70 70
14 Akuntansi 70 70 70 72 72 72 72 71 71 71 71
15 Bahasa Mandarin 66 66 66 68 68 68 68 68 68 68 68
Rata-rata 71.92 71.92 71.92 72.64 72.64 72.64 72.64 73.21 73.21 73.21 73.14