Kurikulum

Kurikulum SMP Cahaya Harapan Bekasi merupakan perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar yang dikembangkan oleh Tim Pengembangan Kurikulum SMP Cahaya Harapan Bekasi dibawah koordinasi dari koordinasi dan pengawasan dinas pendidikan yang berpedoman pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP.

Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Cahaya Harapan dimaksudkan agar peserta didik :

  1. Dapat meningkatkan iman, taqwa, dan akhlak mulia
  2. Memiliki rasa toleransi dan kerukunan umat beragama
  3. Meningkatkan dan menanamkan sikap persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan.
  4. Mendapatkan peningkatan potensi, kecerdasan, bakat dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan peserta didik
  5. Mendapat kesetaraan warga Negara terhadap pendidikan bermutu
  6. Dapat menenuhi kebutuhan kompetensi masa depan dan tuntutan dunia kerja
  7. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni
  8. Memanfaatkan keragaman potensi dan karakteristik daerah serta lingkungan
  9. Memenuhi tuntutan pembangunan daerah dan nasional serta dinamika perkembangan global.

Struktur kurikulum SMP Cahaya Harapan meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh  dalam  satu  jenjang pendidikan  selama tiga tahun  mulaiKelas VII sampai dengan Kelas IX seperti pada tabel berikut ini:

 

TABEL STRUKTUR  MATA PELAJARAN KELAS VII – IX

SMP CAHAYA HARAPAN BEKASI

TAHUN PELAJARAN 2017 – 2018

 

KOMPONEN

Alokasi Waktu (JP)

VII

VIII

IX

Kelompok A

1

Pendidikan Agama

3

2

2

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

3

2

2

3

Bahasa dan Sastra Indonesia

6

6

6

4

Bahasa dan Sastra Inggris

4

6

6

5

Matematika

5

6

6

6

IPA Terpadu

6

6

6

7

IPS Terpadu

4

4

4

Kelompok B

8

Seni Budaya

3

2

2

9

Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan

3

2

2

10

Teknologi Informasi Komunikasi

2

2

2

11

Keterampilan

1

1

1

Kelompok C

12

Bahasa Sunda

1

1

1

13

Akuntansi

1

1

1

14

Bahasa Mandarin

1

1

1

Pengembangan Diri (BK)

1

1

1

JUMLAH

44

44

44

 Pengembangan Diri 

Pengembangan diri di SMP Cahaya Harapan Bekasi bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekpresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik yang disesuaikan dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri dibimbing oleh pelatih, guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri juga dilakukan dengan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi, kehidupan sosial, cara belajar dan pengembangan karir peserta didik.

 

TABEL ALOKASI WAKTU PENGEMBANGAN DIRI

SMP CAHAYA HARAPAN BEKASI

TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018

 

   

Alokasi Waktu (menit)

No

Kegiatan

Nama Kelas

Singkatan

Jumlah

1

 Bimbingan Belajar  -  -  60 x 4

2

 Pramuka 60 60  -

3

 Basket 60  60 

4

 Futsal 60  60 

5

 Futsal 60  60 

6

 Elektronika 60  60 

7

 Tae kwon do 60  60 

8

 Tae kwon do 60  60 

9

 Tae kwon do 60  60 

10

 Ansamble music 60  60 

11

 Paduan Suara 60  60 

 

Keadaan Peserta Didik 

Secara terperinci keadaan siswa pada  SMP Cahaya Harapan Tahun Pelajaran 2017/2018 dibagi dalam 11 (sebelas) kelas sebagai berikut :

 

PEMBAGIAN KELAS DAN NAMA KELAS

SMP CAHAYA HARAPAN

T.P 2017/2018

 

No

Kelas

Nama Kelas

Singkatan

Jumlah

1

VII

Albert Einstein

AET

32

2

VII

Aristoteles

ATL

32

3

VII

Mahatma Gandhi

MGD

32

4

VIII

Charles Darwin

CRD

26

5

VIII

Isaac Newton

INT

25

6

VIII

Montesquieu

MTQ

25

7

VIII

Thomas Robert Malthus

TRM

26

8

IX

Blaise  Pascal

BPC

29

9

IX

Joseph John Thomson

JJT

30

10

IX

Marrie Currie

MCR

30

11

IX

Pierre De Fermat

PDF

30

TOTAL

317

 

CAKUPAN PENILAIAN

NO.

CAKUPAN

PERANCANGAN

1.

 Penilaian Kelas

 Pendidik saat KBM

2.

 Penilaian Proses

3.

 Penilaian Harian

4.

 Penilaian Tengah Semester

 Pendidik di bawah koordinasi satuan pendidikan

5.

 Penilaian Akhir Semester

6.

 Ujian Sekolah

7.

 U S B N

 BSNP

6.

 Ujian Nasional

 

PERHITUNGAN NILAI RAPOR

 

NR = 70% NH + 15%PTS + 15% PAS

NH = (2 x PH + NK + NPr)/4

  

KRITERIA KENAIKAN KELAS

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
  2. Rata-rata perolehan semester 1 dan 2, minimal mencapai rata-rata KKM semester 1 dan 2 atau lebih besar
  3. Memiliki nilai dibawah KKM per mata pelajaran tidak lebih dari 3 mata pelajaran (nilai kurang dari 50 dianggap tidak lulus 2 mata pelajaran)
  4. Nilai ekstrakurikuler kepramukaan minimal BAIK
  5. Kehadiran min. 95%
  6. Nilai sikap min. “BAIK”
  7. Catatan tingkah laku dari guru PKN, Agama dan BK yang menyatakan baik

 

KRITERIA KELULUSAN

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
  2. Memiliki sikap “BAIK” selama mengikuti proses pembelajaran dari hasil penilaian guru, tata usaha dan karyawan sekolah SMP Cahaya Harapan (minimal 70% guru berpendapat baik terhadap peserta didik dimaksud)
  3. Menyelesaikan Ujian Nasional (UN) dan USBN
  4. Lulus Ujian Sekolah (US) yaitu memiliki rata-rata ujian sekolah minimal 6,50
  5. Kehadiran di sekolah minimal 95% untuk masing-masing semester
  6. Catatan tingkah laku dari guru PKN, Agama dan BK yang menyatakan baik 

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ditentukan oleh satuan pendidikan, merupakan nilai batas ambang kompetensi tiap mata pelajaran.

No.

MATA PELAJARAN

KELAS

VII

VIII

IX

AET

ATL

MGD

CRD

INT

MTQ

TRM

BPC

JJT

MCR

PDF

1

Pendidikan Agama

75

75

75

76

76

76

76

76

76

76

76

2

PKn

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

3

Bahasa Indonesia

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

4

Bahasa Inggris

70

70

70

72

72

72

72

73

73

73

73

5

Matematika

70

70

70

70

70

70

70

72

72

72

72

6

IPA Terpadu

70

70

70

70

70

70

70

71

71

71

71

7

IPS Terpadu

70

70

70

70

70

70

70

72

72

72

71

8

Seni Budaya

73

73

73

74

74

74

74

75

75

75

75

9

Penjas-orkes

76

76

76

75

75

75

75

76

76

76

76

10

TIK

75

75

75

75

75

75

75

76

76

76

76

11

Keterampilan

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

12

Bahasa Sunda

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

13

Akuntansi

70

70

70

72

72

72

72

71

71

71

71

14

Bahasa Mandarin

66

66

66

68

68

68

68

68

68

68

68

Rata-rata

71.79

71.79

71.79

72.64

72.36

72.50

72.43

73.29

73.21

73.29

73.36